About

Hi guys... blog ini menghimpun serakan fakta-fakta dan kisah-kisah misterius yang selalu mngundang rasa penasaran banyak orang. Apakah kamu termasuk penggemar cerita sejenis itu? Legenda-legenda misterius semisal teka-teki Segitiga Bermuda, kebenaran Benua Atlantis, keberadaan UFO, fakta kehidupan di Planet Mars, atau kondisi masa lalu Pulau Irian, misteri perputaran waktu, kutukan kematian dari Mesir jejak-jejak reinkarnasi, misteri bangunan terberat di dunia, kebenaran cerita vampir, dan lain sebagainya. Jadi, simak artikelnya dan tuntaskan rasa penasaranmu! Kalo suka please follow ya...Enjoy :)

Saturday, July 16, 2011

Batu-batu yang Pandai Berseluncur

Racetrack Playa terletak di timur pegunungan Panamint di wilayah Death Valley National Park, California. Tempat ini sebenarnya adalah sebuah danau kerong. Ketika hujan lebat mengguyur, curahan air akan turun dari gunung terkumpul di dalam Racetrack Playa dan memebentuk sebuah danau dangkal. danau ini hanya berumur pendek karena begitu cuaca berubah panas, air di danau menguap meninggalkan lapisan lumpur yang lembut dan tipis. Ketika cuaca bertambah panas, permukaan Racetrack Playa mengering sampai lapisan tanahnya retak membentuk mozaik-mozaik yang indah. di tempat ini hampir sepanjang tahun mengalami kekeringan dan tidak ada kehidupan baik tumbuhan maupun hewan.
Batu dolomite yang bergerak
Di tempat inilah fenomena aneh terjadi. Di permukaan tanah sepanjang 2,8 mil dan lebarnya 1,3 mil batu-batu di sana mampu berpindah tempat dengan sendirinya tanpa bantuan hewan apalagi manusia. Jika ada yang menganggap perpindahan tersebut disebabkan permukannya yang miring, maka ini salah besar. Di Racetrack Playa ketinggian ujung utara dan ujung selatan hampir sama tingginya. Ujung utara hanya lebih tinggi 1,5 inci (4 cm) dari ujung selatan.
Kenyataannya, batu-batu dolomite yang terpecah dari tebing brgerak dengan sendirinya melintasi permukaan danau yang kering. Mungkin sulit memercayai kejanggalan ini seandainya saja gerakan batu itu tidak terbekas di permukaan tanah. Pergerakan batu-batu itu meninggalkan jejak yang dapat dilihat dengan jelas.
  
Foto Daerah Racetrack Playa diambil dari pesawat
Pergerakan batu dolomite dapat dilihat dengan jelas

No comments:

Post a Comment