About

Hi guys... blog ini menghimpun serakan fakta-fakta dan kisah-kisah misterius yang selalu mngundang rasa penasaran banyak orang. Apakah kamu termasuk penggemar cerita sejenis itu? Legenda-legenda misterius semisal teka-teki Segitiga Bermuda, kebenaran Benua Atlantis, keberadaan UFO, fakta kehidupan di Planet Mars, atau kondisi masa lalu Pulau Irian, misteri perputaran waktu, kutukan kematian dari Mesir jejak-jejak reinkarnasi, misteri bangunan terberat di dunia, kebenaran cerita vampir, dan lain sebagainya. Jadi, simak artikelnya dan tuntaskan rasa penasaranmu! Kalo suka please follow ya...Enjoy :)

Monday, August 22, 2011

Segitiga Bermuda (Bag2/3)

Segera setelah kehilangan kontak, pangkalan menerbangkan pesawat amfibi PBM-5 Martin Mariner untuk memeberi pertolongan. Beberapa menit kemudian, pesawat ini melaporkan posisinya. Akan tetapi sama seperti pesawat -pesawat sebelumnya, pesawat ini diam dan akhirnya hilang bersama 13 awak pesawat. Sebuah kapal tanker Gaines Miles yang kebetulan berlayar di daerah itu melihat pesawat amfibi jatuh ke laut. Awak kapal tanker melihat ledakan dahsyat dengan kobaran api setinggi 30 m pada pukul 19.40. Ketika kapal tersebut mendekati lokasi kejadian, tidak ada secuil pun sisa pesawat amfibi yang tersisa. Mereka hanya melihat kubangan minyak. Dua puluh kapal angkatan laut, 300 pesawat terbang militer, dan sejumlah kapal selam kemudian dikerahkan untuk mencari sisa-sisa kecelakaan terbesar dalam abad ini. Tetapi hasilnya nihil.

Berikut daftar lain berkenaan dengan hilangnya pesawat dan kapal di kawasan Segitiga Bermuda.
  1. Pada 1840 kapal HMS Rosalie, kapal Prancis ditemukan terlantar di dekat Nassau, layar-layarnya masih terpasang, muatannya masih utuh, dan segala sesuatunya dalam keadaan teratur. Tapi , ke mana para penumpang?
  2. Pada 1909, The Spray menghilang
  3. Pada 1918, USS Cyclops (AC-4) lenyap di laut berbadai. Namun, sebelum berangkat menara pengawas mengatakan lautan tenang sekali, tidak mungkin terjadi badai, kondisi terkendali dan sangat baik untuk pelayaran.
  4. Pada 1926, SS Suduffco hilang dalam cuaca buruk.
  5. Pada 1938, HMS Anglo Australian menghilang. Sebuah laporan mengatakan cuaca hari itu sangat tenang.
  6. Pada 1945, hilangnya 5 angkatan Laut-Filght 19
  7. Pada 1947, Army C-45 Superfort hilang setelah tinggal landas 100 mil dari Bermuda.
  8. Pada 1948, Pesawat Four-engine Tudor IV hilang bersama 31 penumpangnya.
  9. Pada 1948, Pesawat DC-3 hilang bersama 32 penumpang dan awak kapalnya.
  10. Pada 1950, Giant US Air Force Globemaster hilang.
  11. Pada 1950, pesawat barang Amerika SS Sandra tenggelam tanpa jejak.
  12. Pada 1952, pesawat British York Transport lenyap dengan 33 penumpang
  13. Pada 1962, US Air Force KB-50, sebuah kapal tanker, lenyap.
  14. Pada 1970, Kapal barang Perancis, Milton Latrides lenyap. Rencananya kapal ini berlayar dari New Orleans menuju Cape Town.
  15. Pada 1972, Kapal Jerman, Anita, menghilang dengan 32 kru.
  16. Pada 1976, SS Sylvia L. Ossa lenyap dalam laut 140 mil sebelah barat Bermuda.
  17. Pada 1978, Douglas DC-3 Argosy Airlines Flight 902, menghilang setelah lepas landas dan kontak radio terputus.
  18. Pada 1980, SS Poet berlayar menuju Mesir, lenyap dalam badai.
  19. Pada 1995, Kapal Jamanic K dilaporkan menghilang setelah melalui Cap Haitien.
  20. Pada 1997, para pelayar menghilang dari kapal pesiar Jerman
  21. Pada 1999, Freighter Genesis hilang setelah berlayar dari Port of Spain menuju St Vincent.
Masih banyak pesawat dan kapal lain yang tidak berujung kabar setelah melakukan penerbangan atau pelayaran. Dilaporkan lebih dari 1000 orang hilang di Segitiga Samudra Atlantik. Saking banyaknya kapal-kapal yang menemui nasib nahas, maka tempat itu dinamakan Devil's Triangle.

Keanehan-keanehan lain juga melingkup daerah-daerah yang berdekatan dengan Segitiga Bermuda. Kejadian-kejadian aneh di Laut Karibia sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Konon, di tempat itu sering terlihat bayangan-bayangan menkautkan yang keluar masuk ke permukaan laut. Bentuknya seperti ubur-ubur raksasa dengan warna keputihan. Keanehan lain terjadi di dekat Pulau Puerto Rico. Pada 11 April 1963, awak pesawat Boeing 707 melihat suatu fenomena ganjil. Di laut yang kedalamannya mencapai 10 km terlihat suatu pancaran air raksasa yang membentuk cendawan. Menurut mereka garis tengah cendawan itu selebar 900-1800 m dengan ketinggian separonya. Banyak pihak menduga, cendawan raksasa itu adalah percobaan nuklir Amerika Serikat. Namun, pihak AS membantahnya dengan keras. Mereka mengatakan sangatlah mustahil meledakkan bom di jalur penerbangan. Mungkin cendawan itu berasal dari ledakan kapal selam nuklir Thresher yang hilang sehari sebelumnya, tetapi lokasi hilangnya kapal selam itu ribuan kilometer jauhnya dari Laut Puerto Rico.

Di tempat lain yang masih menjadi kawasan Bermuda Triangle adalah Laut Sargasso yang terkenal karena misteri makhluk Laut Sargasso. Di dasar lautan Sargasso teronggok kapal-kapal dari berbagai zaman. Di sekeliling laut Sargasso mengalir arus kuat membentuk pusaran yang berputar perlahan-lahan searah jarum jam. Cerita yang beredar turun temurunm, pada zaman dahulu Laut Sargasson dipenuhi dengan naga. Di tempat itu, terkadang tidak berangin sama sekali. Oleh sabab itu, kapal yang melintas tidak dapat bererak. Mereka terdapar dan terombang-ambing dai tengah laut sementara dinding kapal yang dibuat dari kayu ditumbuhi ganggang raksasa, kemudian para awak kapal mulai kelaparan. Akhirnya mati pelan-pelang.

Dari sudut pandang ilmiah para ahli dan ilmuwan mencoba menganalisis apa yang sebenarnya terjadi di kawasan Segitiga Bermuda. Di sinilah letak kehebatan legenda itu kerena penelitian-penelitian ilmiah yang dilakukan tidak jarang hanya menghasilkan teori-teori masuk akal yang akhirnya hanya dijadikan bahan olok-olokan. Keberadaan Segitiga Bermua mengaburkan batas antara ilmiah dengan supranatural. Berkenaan dengan tempait ini seorang profesor fisika misalnya dapat disebut paranormal.

Hal yang tidak masuk akal lagi adalah istilah 'musim menghilang'. Musim menghilang adalah rentang waktu antara November, Desember, sampai Februari. Sebagian besar kapal-kapal menghilang pada rentang waktu ini. Menjelang tahun baru masehi atau sesudahnya. Anehnya, par pencari dan regu penyelamat yang dikerahkan sehubungan dengan kehilangan-kehilangan itu , tidak sekalipun pernah menemukan jenazah para korban. Normalnya satu jenazah atau lebih akan hanyut ke pantai setelah kecelakaan kapal. Padahal, kebanyakan insiden terjadi dalam jarak yang dimungkinkan untuk dilihat dari daratan. Ke mana korban yang mencapai 1000 orang tersebut? Mengapa tidak ada satu pun yang berhasil lolos meski hanya jasadnya? Para peneliti berusaha keras memecahkan teka-teki ini dan beberapa teori pun dikemukakan.

Baca artikel mengenai teori2nya pada bagian 3 :)

No comments:

Post a Comment